Pages

Total Viewer

PT. Central Sarana Pancing. Powered by Blogger.

Popular Posts

Persiapan Untuk Trip Mancing Dilaut





Dalam  trip mancing seringkali kita hanya perlu waktu yang terbatas untuk melakukan persiapan dan pengecekan perlengkapan yang harusnya kita bawa dikarenakan kita hanya mengadalkan sistem persiapan 1 hari menjelang hari keberangkatan, biasanya ada pula yang terpaksa begadang hanya untuk persiapan dadakan ini. Berikut adalah 10 tips untuk persiapan trip mancing dari yang perlu Anda ketahui:
  1. Sebaiknya hindari begadang jika sudah mendekati hari keberangkatan, apalagi pada saat H-1, Hal ini sangat berguna untuk stamina kita pada saat trip mancing dimana kita harus berhadapan dengan angin malam, kondisi cuaca yang buruk, hujan, gelombang laut tinggi yang membutuhkan ketahan fisik.
  2. Biasakan makan pagi atau sarapan sebelum kita berangkat menuju pelabuhan atau menuju lokasi kapal, agar kita tidak mudah masuk angin atau terhindar dari resiko mabuk darat atau mabuk laut.
  3. Perhatikan perlengkapan pribadi, pelampung, plastik, obat-obatan serta perlengkapan P 3 K jika terjadi kecelakaan.
  4. Pastikan untuk Handphone sudah dicharge agar bila sudah dilaut ready untuk menjaga komunikasi dengan keluarga atau untuk saat penting bila masih ada signal dilokasi spot mancing kita.
  5. Yang penting lagi adalah semua piranti mancing yang akan digunakan untuk trip, serta tackle box untuk memuat ikan hasil tangkapan.
  6. Untuk Grup/Club mancing kita selalu biasakan untuk saling mengingatkan perlengkapan air bersih untuk masak-memasak dan air untuk minum, ini adalah sesuatu yang Vital  karena kita tidak ingin pada saat ditengah lautan mengalami dehidrasi kehabisan air minum atau tidak bisa masak-memasak dikarenakan air bersih tidak tersedia.
  7. Untuk Grup/Club penting  untuk memastikan kebutuhan Batu Es cukup buat semua Box Ikan atau cadangan box mengingat jika harus menyimpan hasil pancingan kita apalagi bila kita mengadakan trip yang lebih dari 1 hari 1 malam, maka Batu Es perlu untuk mengawetkan ikan hasil pancingan agar bisa tetap segar setelah kita bawa kerumah masing-masing.
  8. Untuk yang mengalami mabuk laut segera minum air hangat untuk menjaga kondisi perut agar tidak berlanjut mabuknya atau minum tolak angin, obat – obatan seperti dramamin,stugeron,antimo setelah itu kita  segera bawa istirahat/tidur secukupnya lalu kemudian melanjutkan mancing jika sudah sehat.
  9. Biasakan membuang sampah kita dengan baik dengan selalu menyediakan tempat sampah/kantong sampah.
  10. Mulailah belajar untuk Program Catch and Release terutama untuk spesies yang langka  dan ukurannya terlalu besar karena Ikan yang besar ukurannya sudah terbukti bisa mempunyai kesempatan hidup yang lebih baik untuk dapat berkembang biak dibandingkan ikan yang masih kecil ukurannya, agar jenis ikan terjaga dari kepunahan untuk dapat pula dirasakan dan dinikmati cara memancingnya untuk anak dan cucu kita kelak, jika memungkinkan untuk diangkat dengan aman dan sekedar dokumentasi boleh diangkat lalu kemudian relies dengan benar, hal ini tidak berlaku jika ikan yang tertangkap sudah tidak bisa hidup lagi atau terluka parah.
 Tips ini kelihatan sederhana namun jika kita terbiasa disiplin dengan tips tersebut diatas dijamin trip mancing kita akan berjalan dengan lancar dan dapat menikmati setiap strike yang kita dapatkan, akhirnya selamat menikmati trip mancing dan Salam Strike. (dari berbagai sumber)

0 komentar:

Post a Comment