Pages

Total Viewer

PT. Central Sarana Pancing. Powered by Blogger.

Popular Posts

Pulau Rambut Bersama Hinomiya


Casting Bareng Hinomiya di Pulau Rambut
Spoon Dominasi Hasil Strike

Para mania iftforum yang tergabung dalam trip Casting Bareng (CastBar) Hinomiya ini melangsungkan hajatan di Pulau Rambut, Kepulauan Seribu. Acara berlangsung hari Minggu, 9 Maret 2014, sebanyak 25 castingers kumpul bersama untuk mencoba menaklukan ikan yang ada di Pulau Rambut. Mancing Mania (MM) menjadikan trip CastBar Hinomiya ini sebagai focus pada edisi kali ini.
            Sekilas mengenai lokasi di Pulau Rambut, Pulau Rambut merupakan salah satu pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu. Secara administratif termasuk dalam wilayan kabupaten Kepulauan Seribu, provinsi DKI Jakarta, Indonesia.
Pulau Rambut terkenal juga dengan nama Pulau Kerajaan Burung. Luasnya mencapai 45 hektar. Terletak di dekat pulau Untung Jawa. Pulau ini banyak di tumbuhi hutan bakau yang rimbun serta terumbu karang yang sangat indah dan kontur dasar laut yang beragam.

Aturan CastBar Hinomiya
            Untuk mengikuti acara CastBar ini, panitia mengenakan tiket sebesar Rp 200 ribu yang nantinya peserta akan mendapatkan kaos Hinomiya, makan siang menu ayam bakar Taliwang, air mineral, buah, hadiah, doorprice dan sewa kapal P. Rambut-Tanjung Pasir PP.
             Peserta juga diharapkan menggunakan joran light tackle dengan panjang 180-210 meter dan ril ukuran 3000-5000 atau piranti bait casting. Peserta wajib menggunakan umpan tiruan, seperti minnow ataupun spoon. Memakai sepatu boot, sarung tangan dan tidak disarankan menggunakan celana pendek.
            Aturan lainya ialah dengan membawa korang atau alat untuk membawa hasil ikan tangkapan sendiri dan membawa tang split untuk menggonta-ganti lure atau pasang split ring. Anjas Asmara aka Om Black, selaku ketua panitia mengatakan jika dalam trip ini nantinya akan diadakan fun game, dimana tiap perolehan atau hasil tangkapan peserta akan ditimbang.
Bagi ikan tangkapan terberat akan mendapatkan hadiah dari sponsor Hinomiya. “Begitu pula bagi peserta yang memakai piranti atau asesoris Hinomiya, akan mendapatkan hadiah khusus dari sponsor,” ujar Om Black.

Jalannya CastBar Hinomiya
            Sebelumnya para mania berkumpul dahulu di base iftforum, Latumeten, Jakarta Barat. Pukul 03.00 kami berkumpul untuk berangkat bersama menuju Tanjung Pasir. Perjalanan memakan waktu sekitar 45 menit. Rencana akan menyebrang pukul 05.00 terkendala oleh cuaca, hujan dan angin kencang membuat jadwal harus molor guna keamanan saat di laut.
Akhirnya pukul 06.30 kapten kapal sudah menyatakan laut aman dan sudah bisa dilalui, akhirnya kami loading barang dan piranti ke atas kapal. Sekitar 45 menit, kami pun bersandar di Dermaga Pulau Rambut. Waktu fun game dengan ketentuan yang telah dipahami maka, batas akhir penimbangan hingga pukul 14.00. Sementara waktu mincing hingga pukul 16.00.
Sedikit kata sambutan dari Om Black untuk tetap waspada, berhati-hati ketika ngoyor dan tetap memperhatikan keselamatan sendiri dan rekan-rekan lainnya. Setelah ritual pembagian kaos sponsor dan dikenakan oleh peserta, peserta langsung menyebar ke titik yang dianggap potensial akan keberadan ikan.
Titik-titik yang dianggap sebagai hot spot sangatlah beragam. Ada spot dengan kontur terumbu karang dan menjauh drop off dan ada spot yang langsung drop off. Ada posisinya yang mesti ngoyor dan ada yang hanya melalui lintasan tanggul penahan ombak dan dermaga.
Satu persatu peserta mulai strike dan kebanyakan peserta rata-rata strike menggunakan spoon. Seperti peserta yang bernama Zecko, yang dengan bangga menggunakan ril pabrikan Hinomiya dan berhasil pula mengandaskan 4 ekor ikan diantaranya 2 ekor alu-alu dan 2 ekor kerapu. “Dengan ril Hinomiya beberapa kali gulung ikan langsung kandas,” ujar Zecko.
Dominasi Spoon nampak terlihat digandrungi oleh ikan penguhuni P. Rambut. Ikan kue, kerapu, talang-talang, alu-alu, tompel dan mangrove jack berhasil di dapatkan oleh para peserta dan keseluruhan hook up dengan spoon.
Belum lagi spot potensial seperti karang mas boy dan karang anjing, dimana beberapa ekor ikan kue berhasil ditaklukan. Hingga batas akhir penimbangan peserta mulai membawa dan menimbang ikan perolehan.
Keluar sebagai juara pertama ialah Heri Asiong dengan ikan kue 0.8 kg, juara kedua Tom Sejati dengan ikan kue 0.68 kg, juara ketiga Warock dengan ikan kue 0.52 kg dan juara sponsor Hinomiya didapat Zecko dengan ikan alu-alu 0.44 kg, pengguna ril Hinomiya. Panitia juga mengundi doorprice minnow hinomiya dan lure box IFT.
Hingga pukul 16.00 akhirnya panitia mengakhiri CastBar Hinomiya ini. Kami kembali ke dermaga Tanjung Pasir dengan waktu tempuh sedikit yang lama, karena kapal over load dan kandas akibat air laut surut. ndi





Heri Asiong-Juara 1
            Heri Asiong awalnya tidak ada niat untuk mancing dan hanya ingin senang-senang dan kumpul bareng dengan para mania. Namun melihat tingginya itensitas strike akhirnya Heri meminjam piranti pancing kepada Dito dan mencoba peruntungannya.
            Tak disanggka, Heri berhasil mendapatkan ikan kue yang lumayan besar saat di spot karang Mas Boy. Hal ini tentunya membuat peserta tak menyangka, awalnya tidak niat mancing ehh malah bisa juara dan bawa pulang hadiah joran.

Tom Sejati-Juara 2
            Tom Sejati mengisahkan kepada Mancing Mania (MM), menurutnya trip CastBar Hinomiya merupakan trip yang cukup menantang. “Walaupun awalnya ada badai, namun para peserta tetap semangat. Apalagi begitu menemukan spot karang mas boy dan karang anjing, sungguh sangat potensial,” ujar Tom
            “Walaupun ombak cukup besar Alhamdulillah Saya bisa strike bertubi-tubi dan menjadi salah satu peserta yang mendapatkan ikan beragam. Mulai dari ikan kue, talang-talang, alu-alu, kerapu dan mangrove jack, pokoknya puuaasss” lanjutnya.

Warock-Juara 3
            “CastBar Hinomiya memang Amazing, sensasional, luar biasa dan satu lagi… mantap,” demikian kata Warock yang Mancing Mania (MM) hampiri ketika tahu ikan kue tangkapannya berhasil masuk dalam tangga juara ketiga.
            “Ditunggu trip ngoyor Hinomiya lainnya… hehehe,” sambut Warock.

Zecko-Juara Hinomiya

            Zecko yang keluar sebagai juara kategori penggunaan produk Hinomiya berhasil menaikan alu-alu. “Trip sangat berkesan, amazing dan penuh sensasi. Banyak strike juga yang didapat peserta, kebersamaan antar peserta juga sangat bagus dan penuh keakraban,” ujar Zecko.

0 komentar:

Post a Comment