Salah satu bahan makanan andalan untuk mendapatkan rasa nikmat serta gizi tinggi adalah ikan. Bahkan, kandungan nutrisi dari ikan dilengkapi dengan kandungan lemaknya yang lebih rendah dibandingkan daging merah sehingga ikan dianggap lebih menyehatkan. Tapi, sayangnya bahan makanan ini jarang menjadi pilihan sajian keluarga karena alasan sederhana: duri ikan yang mengganggu.

Ikan air payau yang cukup populer adalah ikan bandeng. Tapi sepeti ikan air payau lainnya, duri ikan bandeng bisa jadi masalah saat menikmati sajian ikan bandeng. Tapi, sebenarnya Anda pun bisa menghilangkan duri ikan bandeng dengan mudah, caranya:
1.       Sebelum membuang durinya, ikan bandeng sebaiknyadibersihkan dulu sisiknya, karena sisik akan sulit dibersihkan bila durinya telah dibuang. Jangan lupa pula untuk membuang insang dan kotorannya melalui insangBerhati-hatilah saat membersihkan isi perut ikan agar empedunya tidak pecahdan membuat daging ikan menjadi pahit.
2.       Pijat atau pukul ikan dengan ulekan hingga dagingnya lunak dan tidak kenyal.
3.       Sayat punggung ikan bandeng dari ekor ke kepala. Tapi,jangan sayat terlalu dalam agar duri tidak terpotong. Duri yang terpotong akan semakin sulit untuk dibuang.
4.       Sayat bagian ekor ikan agak dalam hingga bagian duri ekor sedikit terlihat.
5.       Pegang bagian ekor dan kepala ikan, kemudian pelan-pelan tarik ekor dan duri ekor dengan kuat. Tekuk sedikit kepala ikan untuk membantu proses penarikan ikan.
6.       Teruskan sayatan pada punggung ikan bandeng hingga ikan menjadi terbelah. Periksa daging ikan untuk mengecek apakah ada duri kecil yang tertinggal. Kalau ada duri yang tertinggal, cabut duri tersebut dengan pinset.
7.       Selain ditarik dari ekor, duri ikan bandeng juga bisa dikeluarkan melalui insang.

Tentu saja kalau Anda tidak yakin bisa melakukan hal di atas dengan baik, Anda bisa meminta bantuan tukang ikan langganan Anda untuk menghilangkan duri bandeng yang Anda beli. Setelah duri bandeng dihilangkan, bandeng tanpa duri pun bisa diolah dengan berbagai resep ikan yang Anda miliki. Lebih enak makan bandeng tanpa duri bukan?