Pages

Total Viewer

PT. Central Sarana Pancing. Powered by Blogger.

Popular Posts

Memancing Sebagai Sarana Penyalur Hobby / Pendapatan?



Memancing ikan salah satu hobi yang sedang ngetren saat ini. Selain asyik dan santai untuk dijadikan kegiatan saat libur, siapa tahu beruntung mendapatkan ikan cukup besar untuk dibawa pulang bahkan hadiah yang didapat saat ikut lomba memancing.

Secara sepintas, memancing ikan terlihat sangat mudah, tinggal lemparkan kail yang telah diberi umpan, kemudian biarkan ikan memakan umpan, lalu striket. Padahal kenyataannya tidaklah demikian, karena memancing juga perlu kesabaran, pengetauan dan keahlian khusus.

Tehnik memancing yang baik sangat diperlukan, apalagi jika para penggemar mancing ingin ikut lomba. Berlatihlah dan pengalaman akan mengajarkan Anda teknik yang benar dan akurat. Berikut ini penulis berikan beberapa trik yang bisa menambah pengetahuan untuk memancing



Memancing Menurut Wikipedia 
Memancing secara luas adalah suatu kegiatan menangkap ikan yang bisa merupakan pekerjaan, hobi, olahraga luar ruang (outdoor) atau kegiatan di pinggir atau di tengah danau, laut, sungai dan perairan lainnya dengan target seekor ikan. Atau bisa juga sebagai kegiatan menangkap ikan atau hewan air tanpa alat atau dengan menggunakan sebuah alat oleh seorang atau beberapa pemancing.
Namun dalam praktik dan dari hasil buruannya, tidak semua kegiatan memancing ikan selalu membuahkan hasil seekor ikan, memancing ikan dapat juga diartikan tidak saja untuk menangkap ikan namun juga kodok, penyu, ikan, cumi-cumi, gurita, bahkan ikan paus.

Berikut ini beberapa manfaat dari hobi memancing :
1. Memancing adalah hobby yang menyenangkan :
Dengan memancing, orang dapat merasakan mendapatkan pengalaman menarik ikan dimana saatinilah saat paling mengesankan bagi para pemancing mania. Saat ikan mulaimenyambar dan dengan ketrampilan yang dimiliki akhirnya pemancing bisa menariknya maka ada kepuasan tersendiri bagi para pemancing. Setiap pemancing hampir bisa dipastikan memiliki pengalaman yang tidak terlupakan sepanjang perjalanan memancingnya yang bisa di kenang bahkan untuk berbagi cerita dengan orang lain.
2. Memancing akan mendapatkan manfaat kesehatan : 
Memancing juga merupakan sarana olahraga, bagi pemancing mania seperti anda olahraga memancing akan memberikan aktifitas fisik yang cukup berhasil, melempar joran, menarik reel, menarik ikan, dan aktifitas fisik lainnya sehingga anda mendapatkan kesehatan.
3. Memancing dapat mengobati stress : 
Para pemancing mania pasti sudah tahu bahwa aktifitas memancing dapatmenghilangkan kepenatan di pikiran, mengurangi perasaan bosan dari seminggu penuh anda beraktifitas di kantor, bahkan memancing dapat menumbuhkan kegembiraan sekaligusmenghilangkan stress yang mungkin sedang mendera anda.
4. Memancing dapat melatih kesabaran : 
Pemancing mania biasanya adalah orang yang sabar. Lho kok bisa? Memancing seperti memberikan terapi,memberikan efek sabar dalam sebuah usaha mencapai sesuatu yang diinginkan. Memancing pasti akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, berjam-jam anda harus menunggu umpan anda dimakan ikan, berkali-kali anda mencoba untuk menangkap ikan yang memakan umpan anda. Memancing juga bisa diterapkan pada anak-anak sebagai sebuah permainan yang melatih kesabaran dan konsentrasi anak. Orang yang hobi mancing lebih sabar daripada orang yang tidak hobi terbukti dengan sabarnya menunggu ikan nyangkut di kail yang mungkin menghabiskan waktu berjam-jam.
5. Memancing dapat meningkatkan konsentrasi/fokus : 
Selalu fokus/penuh konsentrasi saat pertama kali melempar kailnya hingga kail itu disambar ikan. Dalam melakukan perlawanan dengan ikan pun dibutuhkan konsentrasi yang tinggi hingga ikan menyerah. Dalam memancing terdapat berbagai macam teknik mancing, dan untuk bisa memancing dengan baik dibutuhkan konstentrasi penuh untuk bisa menguasai dan mengaplikasikan teknik tersebut.
6. Memancing dapat memperluas pergaulan : 
Memancing bisa memperluas pergaulan dan memperbanyak teman. Karena para pemancing akan sering bertemu dengan pemancing lainnya dalam suatu event atau lomba mancing yang membuat mereka bisa berbagi pengalaman seputar hobi yang merekageluti itu.

Kalau beberapa orang yang menjadikan Memancing untuk Pendapatan biasanya seperti Nelayan. Beberapa orang ada yang melakukan kecurangan untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak dan tidak perlu bersusah payah / tidak mau bersabar, seperti Memancing dengan cara Setrum atau Racun Ikan. Nah orang yang seperti ini yang membikin Resah para pemancing. Karena mereka membuat Kestabilan Alam berubah menjadi Buruk. Namun ada beberapa Pemancing ( Angler ) yang melakukan budidaya Ikan dengan cara melakukan Catch n Release ( CnR ), melepaskan bibit ikan ke Sungai / Kali. Seharusnya lebih banyak lagi orang yang mencintai/perduli pada lingkungan. Karena untuk masa depan yang lebih baik lagi.

0 komentar:

Post a Comment